Selamat Datang Manja Entertainment | One stop event solution

Tips Make Up Flawless Pengantin Biar Tahan Lama Sepanjang Hari

Kategori : Artikel, Ditulis pada : 01 Juli 2024, 12:16

Menjadi pengantin artinya kamu menjadi ratu dalam satu hari pada acara specialmu hanya untukmu. Semua perhatian tentu tertuju padamu karena kamu adalah bintang utama di hari bahagia itu. Inilah mengapa make-up flawless dan tahan lama menjadi salah satu hal yang diutamakan dalam persiapan pernikahan.

Saat ini, ada banyak sekali jasa tata rias pengantin yang bisa kamu pilih sesuai dengan konsep pernikahan yang sudah ditentukan. Namun bukan berarti kamu bisa menyerahkan segalanya ke MUA (makeup artist) di hari pernikahanmu. Ada beberapa persiapan dan tips make up tahan lama yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mendapatkan hasil make-up yang memuaskan. Penasaran? Yuk simak ulasan dibawah ini!

Apa Itu Make Up Tahan Lama Pengantin

Sebelum membahas tentang tips agar riasan pengantin kamu bisa terlihat tahan lama sepanjang hari, kami akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu make-up tahan lama pengantin terlebih dahulu.

Pada dasarnya, make-up tahan lama adalah tampilan riasan yang halus dan tanpa cela. Jenis riasan ini mampu menutupi ketidak sempurnaan pada kulit seperti tekstur kulit yang tidak merata, bekas jerawat, flek hitam, bekas luka, hingga menyamarkan kerutan dll. Sehingga kamu akan tampil lebih cantik dan menawan di hari bahagia.

Lalu, apakah untuk membuat make-up tahan lama pengantin ini membutuhkan pemakaian kosmetik yang tebal dan membuat pengantin wanita sulit dikenali? Belum tentu. Tujuan utama dari make up tahan lama adalah menutup ketidak sempurnaan namun mampu memancarkan kecantikan alami sang wanita.

Dengan begitu, perias tidak mengubah wajah pengantin wanita, namun cukup menutupi ketidak sempurnaan yang ada dan menonjolkan fitur terbaik dari pengantin wanita. Make-up inilah yang banyak diminati oleh pengantin wanita dalam beberapa tahun terakhir.

 Tips Make-up Tahan Lama Pengantin

Setelah membaca sedikit penjelasan di atas, sekarang saatnya kami akan membagikan tips make up tahan lama pengantin yang bisa kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum melangsungkan pernikahan agar make-up tahan sepanjang hari. Yuk simak tips-nya di bawah ini Dears!

 

1. Kenali Undertone Kulitmu

 

wm_article_img
Foto via RealFood

 

Banyak yang menganggap bahwa untuk mendapatkan make-up pengantin yang tahan lama adalah dengan bermodalkan kosmetik yang mahal. Padahal itu belum tentu berhasil untuk kamu. Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum memilih makeup yang akan digunakan, salah satunya adalah dengan mengenali undertone kulitmu.

Undertone kulit sendiri adalah warna alami di bawah permukaan kulit. Tujuan dari mengetahui undertone kulit kita adalah untuk memudahkan pemilihan shade atau warna dari make-upmu mulai dari bedak, riasan mata, bibir, hingga warna pakaian apa yang cocok dengan warna alami kulit.

Cara mengetahui undertone kulit pun sangat mudah, kamu cukup melihat ke pergelangan tangan dan perhatikan warna apa yang muncul pada nadi. Jika warna yang muncul adalah ungu dan biru, itu tandanya undertone kulit kamu adalah dingin. Namun jika nadi kamu berwarna kehijauan, maka undertone kamu adalah hangat. Dan jika nadi kamu merupakan kombinasi dari keduanya, tandanya kamu memiliki undertone yang netral.

 

2. Jenis Kulit

 

wm_article_img
Foto via Lotus Herbals 

 

Jika warna dan undertone kulit sudah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengenali jenis kulit kamu sendiri. Pada umumnya, ada 4 jenis kulit, yaitu kulit kering, berminyak, kombinasi, dan normal. Namun ada juga 2 jenis kulit lainnya yang membutuhkan perhatian lebih, yaitu kulit berjerawat dan kulit sensitif.

Dengan mengetahui kondisi kulit kamu sendiri, maka kamu akan lebih mudah untuk memilih alat make-up dan kosmetik yang cocok dan tidak berpotensi merusak kulit. Seperti misalnya saja kulit berminyak cocok untuk menggunakan make-up berbasis air karena lebih ringan dan mampu menahan produksi minyak berlebih di wajah. Sedangkan kulit kering cocok dengan make-up flawless pengantin berbasis gel karena mampu mengunci kelembaban kulit lebih lama.

Pastikan juga kandungan dalam make-up yang akan kamu pilih tidak akan membahayakan kulit, ya. Jadi untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat dan sensitif, harap lebih selektif dalam memilih perlengkapan rias. Atau bisa juga kamu diskusikan dengan MUA.

 

3. Pastikan Kulit Bersih

Make-up tahan lama pengantin akan sulit diwujudkan jika kulit kamu kotor. Hal ini karena pori-pori yang tersumbat akan membuat kandungan dalam skincare dan make up akan sulit untuk meresap ke kulit dan membuat riasan tidak menempel dengan sempurna. Ini juga lah yang membuat riasan menjadi lebih mudah untuk crack, cakey, dan luntur lebih cepat. Kamu nggak mau hal ini terjadi, bukan?

Untuk itu, kamu bisa rutin membersihkan kulit dengan double cleansing. Jika kamu menggunakan riasan tipis untuk bekerja sehari-hari, pastikan kamu melakukan 2 tahap pembersihan kulit wajah. Yang pertama dengan micellar water atau cleansing balm untuk mengangkat riasan dan debu yang menempel di wajah. Lanjutkan dengan menggunakan sabun cuci wajah untuk membersihkan kotoron yang masih menempel di wajahmu.

Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi secara rutin sebanyak 2-3 kali seminggu untuk membantu membersihkan sel kulit mati yang ada di dalam pori-pori. Proses pembersihkan kulit secara mendalam ini juga akan membantu kulit kamu terhindar dari bruntusan dan masalah jerawat. Jadi kulit kamu akan lebih mudah untuk dirias, deh!

 

4. Gunakan Sheet Mask

Jika kamu melangsungkan akad yang langsung dilanjutkan dengan resepsi, maka kamu butuh mempersiapkan kulit secara lebih mendalam agar riasan bisa tahan sepanjang hari. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sheet mask untuk membantu menghidrasi kulit hingga lapisan dalam. Selain itu, kandungan dalam sheet mask juga akan membantu kulit untuk menyerap kandungan dalam skincare dengan lebih baik. Dengan begitu, make up pun akan menempel dengan sempurna.

Tren k-beauty ini juga bisa mulai kamu terapkan beberapa bulan sebelum hari pernikahan agar kondisi kulit lebih terawat dan siap untuk menopang riasan. Keuntungan lain dari menggunakan sheet mask secara rutin selain untuk mencegah tampilan make up menjadi pecah dan dempul adalah kulit kamu juga akan lebih lembab dan sehat.

 

5. Tetap Memakai Skincare

Tidak sedikit pengantin yang kebingungan apakah mereka perlu menggunakan skincare sebelum memakai make-up. Sebenarnya, kamu bisa langsung menggunakan make-up jika kondisi kulit sudah cukup lembab. Perlu diingat bahwa kelembaban kulit turut mempengaruhi ketahanan make up mu. Semakin lembab kulitnya, maka   akan semakin menempel pula make-upnya.

Untuk itu, kami sarankan kamu tetap menggunakan basic skincare mulai dari toner, serum, moisturizer, hingga sunscreen agar kulit kamu tetap ternutrisi dengan baik. Dengan begitu, produk make-up juga akan lebih mudah untuk menempel ke kulit dan menghasilkan tampilan make-up  pengantin yang tahan lama.

 

6. Aplikasikan Primer

Persiapan kulit untuk mendapatkan make up flawless pengantin berikutnya bisa kamu lakukan dengan menggunakan primer. Pilih primer yang diformulasikan secara khusus untuk base make-up. Primer memiliki partikel yang kecil dan halus, sehingga berfungsi untuk menutup pori-pori kulit. Selain itu, primer juga membantu untuk menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah, sehingga kulit kamu akan terlihat lebih halus dan merata.

Kegunaan primer yang lainnya adalah untuk menahan minyak di wajah. Dengan begitu, foundation, bedak, dan riasan lainnya akan akan tetap menempel dengan baik pada kulit tanpa takut luntur. Jadi, pastikan kamu memilih primer yang tepat sesuai dengan jenis kulit, ya. 

 

7. Memakai dengan Setting Spray

Ini dia tahapan yang tidak kalah penting, yaitu menggunakan setting spray. Biasanya setting spray telah disiapkan dari Make-up artisnya, akan tetapi tidak ada salahnya kamu mencoba untuk penyesuaian dengan kulit wajahmu. Tujuan dari produk ini adalah untuk membuat riasan agar tahan lebih lama. Ada berbagai jenis setting spray yang bisa kamu pilih. Cara pemakaiannya sendiri beragam. Ada yang digunakan sebelum mengaplikasikan riasan agar make up bisa lebih melekat ke wajah, ada yang digunakan setelah riasan selesai, dan ada juga yang diaplikasikan kembali ketika dibutuhkan agar riasan tetap menempel di wajah.

Tujuan lain dari penggunaan setting spray adalah agar kulit kamu tetap tampak lebih segar sepanjang hari. Selain itu, setting spray juga bantu menciptakan hasil akhir riasan yang diinginkan seperti dewy, glowing, atau matte. Jadi setting spray ini bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis make up flawless pengantin, ya.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai  tips untuk mendapatkan make-up tahan lama pengantin yang bisa kamu coba mulai dari sekarang untuk mendapatkan riasan yang tahan lama dan menawan di hari specialmu. kamu juga bisa banget konsultasikan langsung dengan para konsultan Manja Entertainment untuk mendapatkan solusi dari setiap permasalahanmu terkait make-up, vendor,dekorasi dll. hubungi kami dibawah ini ya Dears.

Get In Touch !!
————————————
PT MANJA ENTERTAINMENT GROUP
📍Jl Akcaya 2 Block A No 9A, Sintang
📱0815-2872-8751 / 0813-5058-6008
📧info@manjaentertainment.com
🪩 www.manjaentertainment.com


 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://aksana.co.id