Selamat Datang Manja Entertainment | One stop event solution

Perhatikan! 11 Etika saat Kamu Datang ke Acara Resepsi Pernikahan

Kategori : Artikel, Ditulis pada : 21 Maret 2024, 15:22

40.png

Resepsi pernikahan adalah sebuah acara yang sangat penting bagi pengantin yang menggelarnya. Acara ini sudah dipersiapkan berbulan-bulan sebelumnya dan diharapkan menjadi sebuah kenangan yang tak terlupakan bagi mereka. Namun, lancar atau tidaknya sebuah acara resepsi pernikahan ternyata bukan hanya tergantung pada pengantin saja. Ada banyak pihak yang bisa mempengaruhi bagaimana acara ini berjalan. Salah satunya adalah para tamu yang datang.

Kamu mungkin sering datang ke acara pernikahan. Namun, apakah kamu yakin sudah mengetahui berbagai etika yang baik saat datang ke acara resepsi pernikahan orang? Beberapa hal berikut harus kamu catat supaya kehadiranmu tidak merusak acara orang lain. Simak yuk apa saja!

 

1. Undangan

Sedekat apapun kamu dengan pengantin, sebaiknya tidak perlu datang jika memang tidak diundang. Pasalnya, setiap pengantin pasti sudah mempertimbangkan kenapa mereka mengundang seseorang dan  mengapa tidak mengundang yang lain. Selain itu, segala hal yang ada di hari-H pernikahan semestinya sudah dihitung sesuai dengan jumlah tamu yang diundang sehingga kehadiran tamu yang tiba-tiba akan mempengaruhi hal ini juga.

 

2. Ketepatan waktu

Cek sekali lagi undangan untuk memastikan jam berapa pernikahan akan digelar. Pada pernikahan umumnya, acara akan dibagi ke dalam beberapa sesi untuk mengatur jumlah orang dalam satu waktu di dalam venue. Tak hanya itu, biasanya waktu yang ditetapkan juga sudah disesuaikan dengan prosesi yang akan dilakukan pada acara tersebut. Ingat pula bahwa pengantin biasanya memiliki batas waktu untuk menyewa venue. Datang terlambat, apalagi saat acara sudah selesai, akan merepotkan pengantin. Oleh sebab itu, penting untuk datang dengan tepat waktu supaya tidak mengganggu keberlangsungan acara dan menarik perhatian yang tak diinginkan.

3. Pakaian yang dikenakan

Pada beberapa acara pernikahan, pengantin akan mencantumkan dress code pada undangan untuk mempermudah para tamu memilih pakaian yang akan dikenakan. Cek undangan yang diberikan apakah ada dress code ini. Usahakan untuk mengenakan dress code yang sesuai untuk menghargai pengantin dan mendukungnya dalam mewujudkan pernikahan yang sesuai dengan tema.

Jika tidak ada dress code yang dicantumkan, usahakan untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Jangan mengenakan pakaian yang terlalu mencolok seperti berwarna terlalu cerah atau terlalu terbuka untuk menghindari perhatian yang berlebihan. Hindari juga pakaian yang berwarna putih karena hal ini dianggap tidak sopan. Pakaian berwarna putih hanya boleh dikenakan oleh pengantin. Mengenakan pakaian dengan warna yang sama bisa dianggap menyaingi pengantin walaupun mungkin bukan itu maksudmu.

4. Amplop atau hadiah

Saat datang ke acara pernikahan, kamu juga perlu menyiapkan amplop atau hadiah, kecuali jika pengantin telah mengatakan bahwa mereka tidak menerima sumbangan dalam bentuk apa pun. Kamu bisa memberikan uang atau kado sesuai dengan kemampuanmu. Jika ingin memberikan hadiah dalam bentuk kado, anggarkan budget dan pilih hadiah yang sesuai preferensi pasangan pengantin. Cek apakah ada wedding registry jika mereka membuat website untuk acara pernikahan. Kamu bisa menyesuaikan hadiah dengan list yang dicantumkan sehingga kado lebih tepat guna.

 

5. Menghormati budaya dan adat istiadat

Setiap acara pernikahan biasanya memiliki budaya dan tradisinya masing-masing. Walaupun kamu mungkin merasa asing dengan prosesi pernikahan yang dilakukan, sebaiknya tetap hormati tradisi tersebut karena setiap prosesi yang dilakukan biasanya memiliki makna yang baik. 

Jangan sampai memberikan komentar yang buruk atau bahkan berusaha untuk mengganggu terlaksananya prosesi tersebut. Akan lebih baik lagi jika kamu mempelajari terlebih dahulu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama prosesi berlangsung supaya tidak melakukan kesalahan.

Jangan lupa untuk menjaga etika juga ketika upacara berlangsung dengan hal-hal kecil seperti mengatur smartphone dalam mode senyap supaya tidak berisik dan mengganggu. Berikan perhatian sepenuhnya kepada pengantin.

 

6. Makan dan minum

Salah satu highlight dalam acara pernikahan adalah acara makan dan minum. Setiap style pernikahan memiliki waktu yang berbeda untuk melakukan hal ini. Pastikan melakukannya saat sudah waktunya. Biasanya usher akan membantu mengarahkan untuk alur pernikahan, termasuk ketika sudah waktunya makan. Selain itu, jika pernikahan digelar dengan konsep round table biasanya makanan akan diantarkan.

Ada hal yang tak kalah penting, yaitu jika makanan disajikan dalam bentuk prasmanan , usahakan untuk mengambil makanan dalam jumlah yang secukupnya. Hindari mengambil makanan terlalu banyak untuk menghindari tidak habis dan akan menyia-nyiakan makanan yang harusnya bisa dimakan oleh orang lain.

 

7. Bertepuk tangan dan mengucapkan selamat

Ada beberapa acara di rundown yang membuatmu perlu mendengarkan pidato, janji suci, atau testimoni dari pengantin dan orang sekitar. Kamu bisa membantu menaikkan suasana dengan memberikan tepuk tangan sesuai dengan momen yang tepat. Namun, hindari untuk memberikan reaksi berlebihan yang akan membuatmu mencuri perhatian. Jangan lupa untuk memberikan ucapan selamat kepada pengantin jika saatnya tiba, misalnya ketika bersalaman atau akan mengambil foto.

 

8. Jaga perilaku saat mengobrol dengan tamu lain

Selain menghargai pengantin yang mengundangmu dan menggelar acara, ada banyak orang lain yang juga harus kamu hormati. Jaga kenyamanan bersama dengan menghindari perdebatan atau pembicaraan yang tak perlu. Hal ini dapat dilakukan misalnya saat akan mengobrol dengan tamu lain, hindari topik yang sensitif atau mengundang kontroversi.

Hindari juga membicarakan masa lalu pengantin yang kurang baik atau menilai bagaimana acara pernikahan berlangsung jika ada kesalahan yang mungkin terjadi. Ingat bahwa setiap pengantin ingin pernikahannya berjalan dengan sempurna.

 

9. Mengabadikan momen secara tidak berlebihan

Saat ini mengabadikan momen istimewa sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Tentunya pernikahan merupakan salah satu dari momen istimewa ini. Tidak ada salahnya untuk mengambil beberapa momen dalam acara pernikahan untuk disimpan maupun dibagikan ke media sosial.

Namun, pastikan bahwa kamu tidak mengganggu fotografer yang sudah disewa oleh pengantin untuk mengambil momen secara lebih profesional. Jangan pula mengganggu akses orang lain untuk melihat prosesi demi prosesi hanya demi mendapatkan foto melalui smartphone-mu. Kamu bisa meminta foto-foto ini nanti setelah pengantin mendapatkan file fotonya, kok.

 

10. Jangan berusaha mencuri perhatian dari pengantin

Sering melihat video di media sosial di mana tamu yang datang mencuri perhatian dengan drama yang tidak perlu? Misalnya, mantan yang membuat video sambil menangis seolah ini adalah hari tersedihnya? Atau bridesmaid yang malah membuat kejutan ulang tahun untuk bridesmaid lain di acara pernikahan sahabatnya. Hal-hal seperti ini seharusnya dihindari karena akan mencuri perhatian dari pengantin. Hari resepsi pernikahan ini seharusnya menjadi hari yang spesial untuk pengantin karena hanya sekali seumur hidup.

 

11. Pastikan mengikuti aturan yang berlaku

Selain beberapa etika tidak tertulis tersebut, biasanya ada juga beberapa permintaan dari pengantin untuk melakukan atau menghindari hal-hal tertentu. Simak aturan ini dengan cermat. Misalnya, biasanya ada pengantin yang meminta untuk tidak mengunggah dahulu foto-foto atau video pernikahan dalam jangka beberapa waktu, maka kamu harus mengikuti aturan ini.

Itu dia beberapa etika datang ke resepsi pernikahan orang. Walaupun kelihatannya sepele, penting untuk mengetahui hal-hal tersebut supaya kita tidak melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan secara tidak sadar.

Dan untuk kamu yang sudah ingin melanjutkan hubunganmu dengan pasangan kejenjang yang lebih serius, kamu bisa hubungi team Manja Entertainment untuk bantu kamu meramaikan hari pernikasanmu Dears! kamu dapat hubungi kami dibawah ini ya.

Get In Touch !!
————————————
PT MANJA ENTERTAINMENT GROUP
📍Jl Akcaya 2 Block A No 9A, Sintang
📱0815-2872-8751 / 0813-5058-6008
📧info@manjaentertainment.com
🪩 www.manjaentertainment.com

 

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://aksana.co.id